-->

Wednesday, August 12, 2015

Bukan Mitos Jalan Kaki Pagi Dapat Melancarkan Persalinan Normal

manfaat jalan kaki untuk ibu hamil muda

Banyak manfaat jalan kaki di pagi hari untuk wanita hamil tua alias kehamilan yang sudah memasuki trimester akhir yang harus Anda ketahui. Sebelumnya saya ucapkan selamat ya bunda.. atas kehamilannya, semoga bayi yang dikandungnya dapat lahir dengan lancar, sehat dan selamat.

Bunda.. banyak diantara wanita hamil yang memasuki kehamilan pada usia trimester akhir merasa khawatir menunggu proses persalinannya. Binda dan dokter kandungan pun sering mengingatkan kepada anda untuk mencari dan mendapatkan informasi tentang persalinan yang dapat membantu anda dalam mengatasi kecemasan menanti persalinan.

Sebaiknya informasi yang didapatkan oleh para ibu menjelang persalinan diberitahukan pada suami sebagai pendamping yang akan menemani anda saat persalinan nant. Selain anda mengetahui informasi menjelang persalinan, hal yang harus anda ketahui adalah beberapa cara persiapan menjelang persalinan.

Menjelang persalinan setiap ibu hamil tentu akan mengalami kecemasan dan was-was dalam menyambut kehadiran buah hati, perasaan ini tidak hanya dialami oleh pasangan baru, tapi hampir semua.

Oleh karena itiu salah satu persiapan yang dapat anda persiapkan adalah ketenangan, mengelola stres dan mengurangi ketakutan menghadapi persalinan.

Selain itu lakukan beberapa kegiatan kecil yang bermanfaat untuk menunjang kelancaran persalinan yakni dengan melakukan jalan kaki setiap pagi untuk melancarkan persalinan.

Seluruh calon ibu tentu mendambakan persalinan normal, lancar dan selamat, bagi anda yang menginginkan persalinan secara normal anda dapat mendapatkan manfaat dari jalan kaki pagi. Jalan kaki setiap pagi memberikan ketenangan dan kesegaran udara bagi kesehatan kehamilan anda, jalan kaki setiap pagi merupakan gerakan yang sehat, aman dan paling mudah yang dapat dilakukan oleh ibu hamil.

Berikut adalah manfaat jalan kaki setiap pagi bagi ibu hamil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menjaga Kenaikan Berat Badan Secara Wajar

Setiap ibu hamil harus bisa membiasakan hidup sehat dengan melakukan latihan sehat seperti jalan kaki di pagi hari akan membantu anda dalam menjaga kenaikan berat badan yang wajar selama kehamilan.

Hal ini berhubungan dengan jalan kaki yang merupakan latihan fisik dalam menjaga pembuluh jantung ibu hamil dikarenakan tidak terlalu membebani persendian dan lutut. Dengan cara seperti ini akan menjaga berat badan anda selama kehamilan.

2. Membuat Ibu Hamil Lebih Bugar

Jalan kaki pada pagi hari dengan teratur akan membantu anda dalam menjaga kesehatan dan mengurangi keluhan yang sering kali terjadi selama kehamilan. Menurut penelitian yang dilakukan di california, ibu hamil yang bugar akan lebih mudah dapat melakukan proses mengejan. Bahkan ibu hamil yang sering melakukan senam hamil atau yoga akan lebih mungkin mengalami proses persalinan yang lebih cepat dibandingkan dengan ibu hamil yang jarang berolahraga selama kehamilan.

3. Memperkuat Otot Menjelang Persalinan

Bagi wanita yang sedang hamil trimester akhir yang gemar melakukan jalan kaki setiap pagi dengan teratur akan membantu anda dalam mempersiapkan persalinan.

Otot-otot yang dibutuhkan dalam membantu persalinan anda akan lebih kuat. Salah satu penelitian mengemukakan bahwa dengan gerakan ringan yang dilakukan oleh ibu hamil akan membantu menguatkan otot salah satunya otot panggul yang dapat mempermudah proses persalinan.

4. Mengurangi stres fisik dan mental

Latihan fisik yang teratur pada ibu hamil akan memicu timbulnya hormon endorfin yang akan memberikan efek psikologis yaitu memberikan ketenangan secara mental. Selain melepaskan ketegangan mental, gerakan teratur akan membantu anda dalam mengurangi stres fisik dikarenakan jalan kaki pada pagi hari tidak membuat tubuh ibu hamil kelelahan berlebihan.

5. Mengurangi Resiko Kehamilan Bermasalah

Tidak sedikit wanita hamil mengalami kehamilan bermasalah, namun dengan melakukan gerakan yang teratur di pagi hari atau jalan kaki selama kehamilan hal ini dapat mengurangi resiko mengalami kehamilan bermasalah. Beberapa diantaranya adalah resiko pre-eklamsia dan diabetes.

6. Meningkatkan Kualitas tidur selama kehamilan

Keluhan yang sering kali dialami oleh ibu hamil adalah kesulitan tidur malam dengan baik. Dengan olahraga teratur seperti melakukan jalan kaki setiap pagi maka akan membantu anda dalam mengurangi masalah kesulitan tidur.

Baca juga bahaya rumput fatimah untuk persalinan.

0 Komentar Bukan Mitos Jalan Kaki Pagi Dapat Melancarkan Persalinan Normal

Post a Comment

Back To Top