-->

Sunday, September 22, 2013

Resep Minuman Wedang Secang Hangat Menyehatkan

resep wedang secang minuman secang untuk kesehatan
Pernah mendengar tentang wedang secang?. Mbak Ira Mei mau kasih tahu nih kepada kalian yang belum pernah merasakan wedang secang. Wedang secang adalah minuman hangat yang merupakan resep leluhur khas Yogyakarta yang selain nikmat juga banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Wedang secang terbuat dari dua bahan utama yakni jahe dan kayu secang.

Mungkin sebagian anda heran, bagaimana mungkin kayu bisa digunakan untuk minuman. Tak usah heran, karena memang dari dulu kulit kayu dari pohon yang merupakan suku Fabaceae dimanfaatkan untuk minuman. Secang sendiri merupakan tumbuhan yang banyak ditemui di Indonesia.

Kayu secang ini selain memberikan rasa lega di tenggorokan juga memberikan warna merah pada minuman yang menggugah selera. Kayu ini sebenarnya sudah sangat terkenal sejak zaman dahulu sebagai rempah-rempah dan sudah diperdagangkan sejak abad ke-17 bersama dengan pala, merica, serta rempah-rempah lainnya.

Manfaat lain selain menghangatkan badan, wedang secang ini jug abisa menghalau demam, batuk, dan pilek. Semakin penasaran? Berikut resep minuman secang yang menyehatkan.

Bahan-bahan yang anda butuhkan untuk membuat minuman hangat menyegarkan ini adalah:
  • 100 gr kayu secang
  • 100 gr jahe
  • 2 batang serai
  • 10 gr kayu manis
  • 5 gr cengkeh
  • 200 gr gula pasir
  • 2 liter air

Cara membuat resep minuman ini sangat mudah, pertama panaskan air, masukkan secang, jahe yang sudah dimemarkan, kayu manis yang sudah dibakar, dan cengkih, masak hinggga mendidih. Setelah warna air keunguan masukkan gula pasir. Siap disajikan dalam keadaan panas.Tips tambahan agar semakin nikmat menikmati wedang secang ini, sebaiknya anda menggunakan poci dari tanah dan menggunakan gula batu.

Untuk anda yang bingung mendapatkan secang, anda bisa membelinya di pasar tradisional yang menyedikan bahan-bahan untuk jamu. Kabar baik untuk anda, hargnya sangat terjangkau. Sehingga untuk sehat dengan cara yang nikmat anda tak perlu mengelurakan banyak uang. Tapi, untuk anda yang tak mau ribet, saat ini sudah banyak wedang secang instan dalam bentuk bubuk yang banyak dijual di toko-toko jamu ataupun bahan herbal.

0 Komentar Resep Minuman Wedang Secang Hangat Menyehatkan

Post a Comment

Back To Top