-->

Sunday, September 22, 2013

Bahaya Dibalik Manfaat Minum Kopi Yang Belum Anda Ketahui

Mbak ira nggak terlalu suka minum kopi, selain bikin nggak bisa tidur, kopi juga bikin kecanduan. Manfaat kopi yang anda konsumsi pastinya sudah bukan menjadi rahasia lagi. Karena anda sendiri sudah bisa merasakan manfaat minum kopi secara langsung dari sejak pertama menikmatinya. Kandungan kafein di dalamnya akan membuat otak tetap hidup dan terjaga untuk memproses perintah dari bagian tubuh lain. Namun tahukah anda, ada bahaya mengancam jika anda meminum kopi secara berlebih?

manfaat minum kopi
Image courtesy of adamr / FreeDigitalPhotos.net

Seperti halnya khasiat meminum teh, manfaat kopi sudah banyak dibuktikan dengan penelitian oleh pakar kesehatan dari berbagai belahan dunia. Bahkan, kopi hitam merupakan minuman kesehatan yang mengandung kafein, asam hidroksisitrat, dan kromium. Kegunaan zat-zat tersebut adalah meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30%. Manfaat minum kopi yang paling populer adalah menghilangkan rasa ngantuk.

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran anda saat mendengar kata kopi?

Banyak orang hanya mengetahui kata kafein saat mendengar, melihat atau membaca tentang kopi. Tapi sebenarnya biji kopi mengandung ratusan senyawa kimia yang memiliki khasiat berbeda. Tanaman ini tumbuh di lebih dari 70 negara di seluruh dunia serta mempunyai sejarah perdebatan panjang tentang manfaat dan bahaya minum kopi secara berlebihan.

Penelitian terbaru menemukan fakta bahwa meminum kopi dalam jumlah wajar akan menghasilkan manfaat yang ajaib bagi kesehatan manusia. Dengan catatan, tidak ada penumpukan krim dan gula dalam tubuh anda.

10 Manfaat Minum Kopi Yang Belum Anda Ketahui

  1. Kopi dapat membantu melawan depresi serta memperbaiki suasana hati (mood) yang sedang buruk
  2. Minum dua sampai empat cangkir kopi sehari mengurangi risiko bunuh diri pada pria dan wanita dewasa
  3. Kegunaan kafein pada kopi juga dapat membantu hati dalam menjalankan tugasnya serta mengurangi resiko penyakit sirosis hati dan bahkan kanker
  4. Manfaat minum kopi bisa membantu mengurangi berat badan serta dapat menekan nafsu makan
  5. Mampu meningkatkan kinerja tubuh karena jumlah asam lemak dalam aliran darah akan meningkat setelah anda minum kopi
  6. Menurunkan risiko diabetes tipe II berkat asam klorogenat dan alkaloid trigonelina yang berperan mengurangi glukosa dan respon insulin
  7. Bagi orang yang sudah berumur, minum kopi dapat membantu daya pikir tetap tajam dengan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative
  8. Mempertajam reaksi, perhatian, kewaspadaan dan penalaran logis berkat efek baik dari kafein pada kopi
  9. Khasiat minum kopi secara teratur selanjutnya adalah membantu anda menangkal kanker kulit serta tumor kulit ganas
  10. Manfaat kafein dalam biji kopi dapat membantu memperkuat otot-otot tubuh, sama seperti anda berolahraga

Apa Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh?

Seperti yang bisa anda lihat pada daftar manfaat kopi di atas, meminum coffee tidak hanya berguna untuk menghilangkan kantuk. Namun demikian, konsumsi minuman apapun termasuk kopi – kecuali air putih – secara berlebih dapat merugikan kesehatan tubuh manusia dan bahkan kematian.

Sebuah jurnal penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Mayo Clinic Proceedings menunjukkan bahwa jika seseorang di bawah usia 55 tahun meminum lebih dari 4 cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan sebesar 20% meninggal dalam waktu 17 tahun ke depan.

Bahaya kopi bagi penampilan anda adalah gigi berwarna kuning dan nafas menjadi lebih mudah berbau tidak sedap. Sedangkan untuk seorang pecandu yang tidak bisa meminum kopi dalam jangka waktu tertentu akan mengalami migrain atau sakit kepala sebelah. Ini semua merupakan efek buruk minum kopi yang berasal dari konsumsi kafein secara berlebih.

Sedangkan fakta di indonesia, sebagian besar pecinta minuman kopi selalu mengikutsertakan rokok dalam menikmati secangkir kopi hangat. Suatu kombinasi 'maut' yang bisa saja berujung maut. Tentu anda sudah paham benar efek buruk sebatang rokok bagi kesehatan tubuh.

Manfaat minum kopi tidak hanya menghilangkan kantuk, masih banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Pastikan anda menghitung dengan benar jumlah kopi yang sudah anda minum hari ini.

0 Komentar Bahaya Dibalik Manfaat Minum Kopi Yang Belum Anda Ketahui

Post a Comment

Back To Top