-->

Monday, August 31, 2015

Belajar Tentang Garis-garis Medan Listrik dan Pengertiannya

Yuk kita belajar bareng bersama Mbak Ira Mei, kali ini kita akan belajar tentang garis-garis medan listrik. Salah satu materi pelajaran Fisika SMA kelas XII. Kamu di sekolahan sudah mempelajari Medan listrik yang merupakan sesuatu yang ditimbulkan oleh muatan listrik dan mempengaruhi ruang di sekitar muatan listrik tersebut, di mana pengaruh medan listrik hanya dirasakan oleh muatan listrik lainnya. Ketika muatan listrik lain berada dalam medan listrik yang ditimbulkan oleh suatu muatan listrik maka muatan listrik lain merasakan pengaruh berupa gaya listrik.
pengeritan garis medan listrik dan contohnya

Jadi pengertian medan listrik sebagaimana telah dijelaskan pada tulisan tentang medan listrik, dapat dipahami dengan pikiran tetapi juga hanya dapat dibayangkan dalam pikiran. Untuk memvisualisasikan medan listrik maka dihadirkan garis-garis medan listrik.

Garis-garis medan listrik adalah sekumpulan garis yang digambarkan di sekitar suatu muatan listrik untuk menunjukkan keberadaan medan listrik. Karena bertujuan menunjukan keberadaan medan listrik maka ada keterkaitan antara garis-garis tersebut dengan medan listrik. Dengan kata lain, besar dan arah medan listrik dapat dijelaskan melalui gambar garis-garis medan listrik.

Tiga hal tentang garis-garis medan listrik :

  1. Garis-garis medan listrik tidak pernah berpotongan.
  2. Garis-garis medan listrik selalu mengarah radial ke luar menjauhi muatan positif, dan radial ke dalam mendekati muatan negatif.
  3. Tempat dimana garis-garis medan listrik rapat menyatakan tempat yang medan listriknya kuat. Sedangkan tempat dimana garis-garis medan listrik renggang menyatakan tempat yang medan listriknya lemah.

Untuk selengkapnya menyusul ya... karena mbak Ira mau menyiapkan materi dulu.

0 Komentar Belajar Tentang Garis-garis Medan Listrik dan Pengertiannya

Post a Comment

Back To Top